Senin, 21 Agustus 2017

Tracking Object Menggunakan Kamera CMUcam4

Waktunya nge-share tentang pengalaman ngotak-atik CMUcam4. Setelah berpusing ria dengan job yang njelimet akhirnya bisa nulis juga...hehe. Sebelumnya mohon maaf kalo ada kekurangan dan salah kata ya 😊

Hardware & software yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur tracking object dari kamera CMUcam4 :
1. CMUcam4
2. PC / Komputer
3. USB TTL UART
4. Jumper
5. Driver TTL 2102
6. CMUcam4GUI
7. Penyangga kamera (opsional, kalo kalian butuh)

Perlu diingat, dalam pengambilan gambar atau objek oleh CMUcam4, terdapat USB serial konverter yang menghubungkan CMUcam4 dengan PC yaitu USB TTL FTDI. Sebelum melakukan tracking, ada kalanya kalian tahu terlebih dulu bagian-bagian dari kamera, biar nanti gak salah nyambung pin-nya (udah pengalaman nge-short mendadak..).
Pada bagian 6 pin Arduino Adapter Connector inilah yang berfungsi untuk menghubungkan CMUcam4 ke USB TTL. Dalam tracking ini saya menggunakan USB serial konverter (USB TTL) jenis CP 2102. Terdapat 6 buah pin yang harus dihubungkan ke modul CMUcam4, yaitu
pin DTR ke pin DTR
pin RXD ke pin TX0
pin TXD ke pin RX0
pin +5V ke pin VCC
pin CTS ke pin CTS

pin GND ke pin GND

Setelah menghubungkan CMUcam4 ke USB TTL, selanjutnya USB TTL dihubungkan ke komputer. Untuk menghubungkan USB serial ini ke komputer, terlebih dulu kita harus men-download driver TTL CP 2102 untuk versi windows / OS yang sesuai dengan PC kalian.
Kemudian kita bisa mengecek setting port. Bukalah Control Panel → All Control Panel Items → System → Device Manager. Pada menu Device Manager dapat terlihat apakah USB TTL CP 2102 telah terhubung ke PC atau tidak. Jika terhubung maka akan muncul menu ports (COM & LPT) pada kotak dialog Device Manager. Contohnya pada gambar berikut.

Selanjutnya kita buka software CMUcam4GUI.. Berikut tampilan CMUcam4GUI setelah kamera & USB TTL terhubung ke komputer.


Klik OK pada kotak dialog Select a Serial Port (available ports-nya tergantung pada komputer kalian, kebetulan pada komputer saya COM7) untuk mengaktifkan tools CMUcam4GUI. Berikut langkahnya tracking-nya.
a. Aturlah posisi CMUcam4 terhadap objek (sebaiknya gunakanlah penyangga agar posisi kamera tidak berubah-ubah).
b. Pada form Viewing: di bagian Image Control (sebelah kanan) aturlah resolusi gambar yang kalian inginkan di bagian Send Frame Control. Misalkan resolusi yang saya gunakan untuk mengambil objek yaitu 320 pixels (Horizontal Resolutions)  x 240 pixels (Vertical Resolution). Klik Track Selection pada bagian Tracking Control, masukkan nilai Confidence Interval Level Coefficient sesuai keinginan (pada pengaturan ini saya menggunakan confidence interval level coefficient antara 50 – 90).


c.    Pada form Options: Centang “line mode” di Mode Control.


d. Pada form Tracking: klik "Track Color".


Muncullah objek hasil tracking..berikut contoh dokumentasi tracking dari saya berupa sebuah video. Silahkan dilihat..

Jika tracking belum berhasil, cobalah lagi dari awal. Keberhasilan tracking ini selalu diiringi dengan banyak mencoba, pokoknya never give up deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar