Kamis, 20 Juli 2017

Si A Mintanya Perfect, Sementara Si B Punya Batas Kemampuan...


Setiap orang pasti punya kekurangan..entah itu kekurangan fisik, mental, kemampuan, ataupun lainnya. Kita sebagai manusia sudah sejatinya mentolerir kekurangan itu, tapi lain halnya kalo ketemu sama orang yang super perfeksionis. Minta ini itu pake cara dia yang belum tentu kita bisa, nuntut ini itu pake syarat macem-macem yang belum tentu kita mampu melaksanakannya.
Alkisah ada 2 orang yang punya sifat bertolak belakang, si A perfeksionis sementara si B fleksibel & easy going. Si A pengen si B melakukan sebuah misi dengan cara yang sudah disusun oleh si A. Ketika si B merasa kesulitan di tengah jalan, si A hanya menasehati tanpa memberi solusi yang pasti. Si B bingung harus gimana, udah minta bantuan sana-sini tapi hasilnya gak sempurna &  gak sesuai dengan keinginan si A. Si B diam sejenak & mikir, “Apa iya semua orang bisa melakukan sebuah misi itu? Gimana dengan orang yang kemampuannya di bawah si A, seperti ku?”
Lalu Si B datang & menjelaskan semuanya ke si A, dan si A berkata “Pake siasat lainnya, kalo masih belum bisa ya udah kamu selesaikan misi itu sampai batas kemampuanmu”.
Si B pake siasat lain untuk menyelesaikan misinya, tanpa solusi yang pasti dari si A. Sudah hampir 80% misinya berjalan, tapi lagi-lagi si B menemukan kesulitan. Si B datang & menjelaskan lagi ke si A, benar saja si A tetap menasehati tanpa memberi solusi yang pasti. Si A hanya bisa menyuruh seenaknya tanpa mengerti batas kemampuan si B. Karena si B udah mengerahkan segala cara & kemampuannya untuk menjalankan misi itu, akhirnya dia menyerah & hanya bisa menyelesaikan hingga 80%. Padahal hanya tinggal 20%...dikiit lagi untuk bisa selesai sempurna.

Well, hal seperti ini terjadi karena sifat si A yang perfeksionis & gak mau terjun langsung buat nolongin si B. Si A pun sebelumnya tau kalo si B punya batas kemampuan, tapi si A tetep aja ngasih misi dengan syarat yang perfect. Ini yang menyebabkan si B bingung & gak tau harus pake cara apa lagi biar hasilnya sesuai dengan keinginan si A. Berasa dunia di ujung tanduk aja...
Mungkin satu-satunya cara yang bisa meluluhkan si perfeksionis adalah dengan bersikap jujur. Jujur akan kekurangan diri sendiri, jujur akan batas kemampuan yang kita punya untuk mencapai suatu hal. Karena dengan jujur, hati kita lebih “legowo” & puas akan sesuatu yang sudah kita peroleh. Bukan jujur karena tidak mampu, tapi jujur karena sudah melakukan suatu hal yang sesuai dengan kemampuan kita. Hati nurani kita. Jujur untuk mujur, bukan untuk sempurna. Karena dengan kekurangan yang kita miliki, hidup akan menjadi lebih tenang & selalu bersyukur..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar